Model Pembelajaran PAUD
06 Feb 2024 338
- Muatan Kurikulum
1) Pembiasaan Karakter Islami
2) Pengenalan Rukun Islam yang aplikatif
a) Penanaman aqidah pada setiap kegiatan
b) Latihan Sholat Berjamaah
c) Pesantren Ramadhan
d) Latihan Infaq setiap Jum’at pagi
e) Kegiatan Manasik Haji Anak
3) Hapalan Surat, do’a dan hadits dalam keseharian
4) Belajar Al-Qur’an dengan metode WAFA
5) Mengidolakan Nabi Muhammad SAW sebagai Teladan
6) Permainan Huruf A-BA-CA
7) Variasi pembelajaran Sentra yang menyenangkan (BCCT)
Yaitu suatu pembelajaran active learning yang berpusat pada sebuah kegiatan anak.
a) Sentra Persiapan
Persiapan anak agar siap belajar di Sekolah Dasar meliputi ; persiapan mental, kemandirian, dan latihan motoric halus dan kasar untuk persiapan calistung.
b) Sentra Balok
Pengenalan bentuk dan aplikasinya dalam keseharian
c) Sentra Sains dan Alam
Pengenalan alam sebagai media zikir anak untuk mengingat dan mengenali Allah.
d) Tematik dan Puncak Tema Kegiatan Belajar
Anak diajak melihat, menyaksikan dan mengalami sendiri Tema Pembelajaran ke tempat yang pas hingga melekat dalam memori anak.
8) Pengenalan kosa kata Bahasa Inggris dan Bahasa Arab Sederhana.
9) Ekskul ( Renang, Melukis, Fingger Painting dan Outbond ) - Muatan Kesiswaan
1) Cinta di pagi hari
Yaitu kegiatan penyambutan anak dipagi hari dengan senyum hangat dari para ustadzah. Kegiatan ini sekaligus media pembiasaan salam dan menjawab salam.
2) Buku Penghubung sebagai sarana komunikasi orang tua dan pengajar.
3) Kegiatan Home Visit, yaitu kunjungan ustadz/ah ke rumah anak 2 kali dalam setahun.
4) Makan Bersama Anak yang disediakan TIM Katering Sekolah. Kegiatan makan di sekolah juga sebagai pembelajaran, penanaman etika makan, kebersamaan, kebersihan, rasa syukur, dll.
5) Kegiatan motivasi 7 Langkah Mencuci Tangan dan Memungut Sampah di pagi hari kebersihan
6) Senam Pagi dan belajar berinfaq 1 kali dalam 1 minggu.
7) FSOP (Forum Silaturahim Orang Tua dan Pengajar) dan mengkoordinir orang tua untuk kegiatan pertemuan pertiga bulan, Family Day, Seminar Parenting, dll. - Evaluasi Hasil Belajar
1) Pencatatan Anekdot anak serta deskrifsi profil anak.
2) Penilaian Wali Kelompok anak melalui penugasan dan unjuk kerja
3) Penilaian sentra melalui pengamatan hasil karya dan penugasan
4) Raport semesteran anak.